Dinas Pendapatan Daerah
   "SELAMAT DATANG DI DISPENDA KOTA PALEMBANG", PBB YANG ANDA BAYAR UNTUK KEMAJUAN KOTA PALEMBANG" BAYARLAH PBB ANDA UNTUK MENGHINDARI TERKENA DENDA 2 % PER BULAN. TARGET BPHTB 2013 : RP. 80.549.840.000 REALISASI : RP. 78.159.077.259,00 ATAU 97,03 % ( S.D 23 DESEMBER 2013) ,TARGET PBB 2013: RP.83.562.750.000, REALISASI: RP. 79.168.952.221,00 ATAU 94,74 % (MINGGU III DESEMBER) * TARGET PAD 2013 : RP.509.788.435.389,1 REALISASI PAD ; RP.345.389.836.909,51 ATAU 67,75 % (S.D AGUSTUS 2013) MARI KITA SUKSESKAN PALEMBANG EMAS 2018   SILAHKAN CEK PBB ANDA DI MENU PBB PALEMBANG LALU KLIK CEK PBB SECARA ONLINE! PBB TAHUN 2013 - 2014 AKAN DIIKUTSERTAKAN PADA GEBYAR HADIAH LUNAS PBB 2014   
Waktu Palembang
ym
Kalender
APRIL 2014
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30        
             
ym
Jadwal Sholat
Palembang
Imsak04:32 WIB
Subuh04:42 WIB
Syuruq05:58 WIB
Dzuhur12:01 WIB
Ashar15:20 WIB
Maghrib18:03 WIB
Isya19:11 WIB
2°59'LS, 104°47'BT
Ketinggian : 10 m
Arah kiblat : 65°27' (U-B)
ym
VIDEO
ym
SMS Online
Kirimkan pesan singkat / SMS ketik : dispenda <spasi> isi pesan anda kirim ke 0812-714-4000

Belum ada SMS yang dipublikasikan

ym
Pengunjung
Tahun ini15541
Bulan ini3697
Hari ini7
Online1
108575
Sejak : 03/11/2009
ym
pengunjung
ym

Pemerintah Kota Palembang

Portal Nasional Republik Indonesia

Departemen Dalam Negeri RI

Bappenas

Departemen Komunikasi & Informatika RI

Provinsi Sumatera Selatan

Visit Indonesia 2009

ym
Beranda > TUGAS POKOK DAN FUNGSI

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

 Sekretariat
1)    Sekretariat mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan administrasi yang meliputi pengelolaan surat menyurat, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan kerumahtanggaan serta mengkoordinasikan penyusunan program dan penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu.  

2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretariat mempunyai fungsi :
a.    Penyusunan kebijakan teknis dibidang ketatausahaan
b.    Pelaksanaan urusan administrasi surat menyurat dan kearsipan
c.    Pengelolaan urusan keuangan
d.    Pengelolaan urusan administrasi kepegawaian
e.    Pengelolaan urusan perlengkapan dan kerumahtanggaan.
f.    Pengkoordinasian  penyusunan program penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu.
g.    Monitoring, evaluasi dan pelaporan.

3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Sekretaris sebagai berikut :
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan kesekretariatan untuk diusulkan Kepala Dinas
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada Sub Bagian-Sub Bagian sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Dinas
d.    Membina, memotivasi dna melakukan pengawsan melekat terhadap para Kepala Sub Bagian dan staf yang dibawahnya.
e.    Mengoreksi dan memerintahkan perbaikan konsep naskah dinas yang diajukan oleh para Kepala Sub Bagian yang dibawahnya.
f.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
g.    Menyenggarakan kegiatan-kegiatan admionistrasi umum.
h.    Menyelenggarakan urusan kerumahtanggaan Dinas dan pelayanan administrasi terhadap satuan-satuan kerja dilingkungan Dinas.
i.    Menyelenggarakan pengadaan, pemeliharaan dan perawatan peralatan dan barang inventaris Dinas.
j.    Menyelenggarakan pembinaan dan pengelolaan administrasi kepegawaian
k.    Menyelenggarakan pengelolaan administrasi keuangan Dinas
l.    Mengevaluasi dan menyusun serta menyampaikan laporan pelaksanaan tugas Sekretariat kepada Kepala Dinas secara berkala
m.    Menyusun laporan pertanggungjawaban Kepala Dinas kepada Walikota
n.    Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan protokoler dan kehumasan dilingkungan Dinas
o.    Melaksanakan koordinasi kegiatan ketatausahaan dengan Perangkat Daerahlainnya atau instansi lain yang terkait
p.    Menyelenggarakan pengaturan dalam rangka memelihara kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan lingkungan dan gedung kantor Dinas
q.    Memaraf atau menandatangani naskah Dinas sesuai dengan kewenangannya
r.    Menilai prestasi keja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir
s.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada KKepala Dinas tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya
t.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas

1)    Sub Bagian Umum mempunyai tugas pokok melaksanakan kegiatan-kegiatan administrasi surat menyurat, kearsipan dan kepustakaan, keprotokolan, hubungan masyarakat, urusan perlengkapan dan rumah tangga
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub bagian Umum mempunyai fungsi :
a.   Penyusunan rancangan program kerja dan kegiatan Sub Bagian Umum
b.  Penyusunan rumusan kebijakan teknis dibidang administrasi umum
c.    Pelaksanaan kegiatan penghimpunan bahan-bahan dan penyusunan konsep rancangan program kerja dan kegiatan Dinas
d.    Pelaksanaan kegiatan-kegiatan ketatausahaan dan kearsipan, kerumahtanggaan serta perlengkapan Dinas
e.    Monitoring, evaluasi dan pelaporan
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Sub Bagian Umum adlaah sebagai berikut :
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan Sub Bagian Umum
b.    Membagi tugas dan member petunjuk kepada staf
c.    Menyelenggarakan urusan administrasi surat menyyurat meliputi :
1.    Menerima dan membukukan serta mengklarifikasi surat-surat masuk.
2.    Mendistribusikan surat-surat masuk serta didisposisi Kepala Dinas atau Sekretaris
3.    Memantau surat-surat masuk yang sifatnya perlu penanganan segera.
4.    Pembukuan dan pengendalian serta mendistribusikan surat-surat keluar sesuai dengan tujuan
d.    Mengelola arsip dinas meliputi:
1.    Menyiapkan tempat
2.    Mengatur, menyimpan arsip yang masih aktif maupun arsip yang in aktif
3.    Menyiapkan pelaksanaan pemusnahan arsip-arsip yang sudah melewati jangka waktu, melayani peminjaman bahan kearsipan
e.    Melakukan pengadaan dan pemeliharaan perlengkapan kantor dan kendaraan dinas, meliputi :
1.    Menyusun Rencana kebutuhan Barang Unit (RKBU)
2.    Mengadakan penelitiasn keperluan gedung kantor
3.    Mengadakan pendataan kendaraan dinas
4.    Mengadministrasikan penerimaan, pengeluaran barang milik Negara dan barang milik Daerah
5.    Melakukan pemeliharaan barang inventaris
6.    Melakukan usulan penghapusan
f.    Melaksanakan Urusan Perjalan Dinas yang meliputi :
1.    Menyiapkan usul surat perintah tugas dan surat perjalanan dinas.
2.    Menghimpun pelaporan hasil perjalanan dinas
3.    Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Keuangan  
g.    Urusan Rumah Tangga Dinas meliputi :
1.    Menyiapkan keperluan rapat, upcara dan keprotokolan
2.    Memelihara kebersihan, keindahan dan keamanan
h.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai, sebagian bahan peningkatan karir
i.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam bidang tugasnya.
j.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas
k.    Melaksanakan tugasn kedinasan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.

1)    Sub Bagian Kepegawaian mempunyai tugas pokok melaksanakan kegiatan administrasi kepegawaian, menyusun rencana kebutuhan dan pengembangan pegawai.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Kepegawaian mempunyai fungsi :
a.    Penyusunan rancangan program kerja dan kegiatan Sub Bagian Kepegawaian.
b.    Penyusunan rumusan kebijakan teknis dibidang administrasi umum dan administrasi kepegawaian Dinas
c.    Pelaksanaan kegiatan penghimpunan bahan-bahan dan penyusunan konsep rancangan program kerja dan kegiatan Dinas
d.    Pelaksanaan kegiatan-kegiatan ketatausahaan dan kearsipan, kepegawaian dan kerumahtanggaan serta perlengkapan Dinas
e.    Monitoring, evaluasi dan pelaporan
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Sub Bagian Kepegawaian adalah sebagai berikut :
a.    Menyusun rencana kerja dan program kerja kepegawaian sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan yang telah ditetapkan sesuai dengan bidang tugasnya.
b.    Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf
c.    Menyelenggarakan administrasi kepegawaian
d.    Menyiapkan usualan dan administrasi pegawai yang akan mengikuti Diklat
e.    Menyiapkan adminitrasi perjalanan dinas
f.    Melaksanakan kegiatan pembinaan pegawai
g.    Menyiapkan usulan mutasi pegawai.
h.    Melakukan upaya peningkatan kesejahteraan pegawai
i.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam bidang tugasnya.
j.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas
k.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya
 

1)    Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan anggaran tahunan Dinas, pengelolaan dan pengendalian keuangan, pembukuan dan administrasi perbendaharaan.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Kepegawaian mempunyai fungsi :
a.    Penyusuanan rancangan program kerja dan kegiatan Sub Bagian Keuangan.
b.    Pengelolaan urusan administrasi keuangan
c.    Penyusunan rencana anggaran pembiayaan
d.    Penyelenggaraan verfikasi, perbendahraan dan pembukuan akuntansi
e.    Penyiapan dan penghimpunan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis mengenai hasil pemeriksaan verifikasi terhadap pertanggungjawaban keuangan.
f.    Monitoring, evaluasi dan pelaporan.  
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Sub Bagian Kepegawaian adalah sebagai berikut :
a.    Menyusun rancangan program kerja dan kegiatan Sub Bagiang Keuangan.
b.    Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf
c.    Menyusun  rencana anggaran kerja dinas
d.    Menyusun rencana plafon kebutuhan anggaran dan penggunaan anggaran.
e.    Menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan kebijaksanaan, pedoman dan petunjuk teknis mengenai hasil pemeriksaan/verifikasi terhadap pertanggungjawaban keuangan.
f.    Menyusun daftar permintaan Surat Penyediaan Dana (SPD) untuk diserahkan kepada Bendahara Umum Derah berdasarkan permintaan UP/GU/TU dan LS.
g.    Meneliti kelengkapan administrasi setiap pengajuan dan atau permintaan pembayaran yang diajukan baik oleh PPTK maupun Pihak Ketiga sebelum mendapatkan persetujuan dari Kepala SKPD.
h.    Meneliti keabsahan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) yang dibuat oleh Bendahara Pengeluaran baik yang diajukan oleh PPTK maupun pihak ketiga.
i.    Menyiapkan penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM) yang ditandatangani oleh oleh Kepala SKPD didasarkan pada SPP yang diajukan oleh Bendahara Pengeluaran
j.    Meneliti laporan pengesahan penggunaan anggaran yang dibuat oleh Bendahara Pengeluaran untuk mempertanggungjawabkan setiap pengeluaran belanja baik melalui GU/TU dan LS sebelum diajukan Kepala SKPD.
k.    Menyiapkan dan meneliti laporan keuangan baik berupa buku kas umum, jurnal, buku besar, dan bentuk laporan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
l.    Membuat estimasi tahun bersangkutan baik pengeluaran anggaran maupun penerimaan daerah yang berasal dari penerimaan retribusi.
m.    Menyusun laporan keuangan tahunan berupa jurnal, buku besar, neraca lajur dan nerca akhir serta melakukan analisa laporan keuangan per 31 desember tahun yang bersangkutan.
n.    Menyelenggarakan kegiatan perbendaharaan verifikasi dan pembukuan/akuntansi
o.    Meneliti dan memeriksa Surat Pertanggung Jawaban (SPJ), sesuai dengan buku pengendalian SPJ.
p.    Mengikuti perkembangan pelaksanaan anggaran rutin maupun anggaran rutin maupun anggaran pembangunan.
q.    Penyelenggaraan administrasi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD).
r.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait, untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
s.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
t.    Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Sekretaris tentang langkah-langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya.
u.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
v.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.

BIDANG PROGRAM
1)    Bidang Program  mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian  tugas dinas  meliputi pemantauan, pengkajian, pengembangan dan penyuluhan pendapatan serta mengadakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program dan kegiatan dinas :  

2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Program mempunyai fungsi :
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang program
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang program
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang program
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksaan tugas
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang program
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.


3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Bidang Program adalah sebagai berikut :
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan Program
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada Seksi-seksi yang dibawahinya sesuai tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Dinas
d.    Membina, memotivasi dna melakukan pengawasan melekat terhadap para Kepala Seksi dan staf yang dibawahnya.
e.    Mengoreksi dan memerintahkan perbaikan konsep naskah dinas yang diajukan oleh para Kepala Seksi yang dibawahinya.
f.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
g.    Menyusun petunjuk teknis dan bahan kebijakan program.
h.    Melaksanakan pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang program.
i.    Melaksanakan pemantauan pelaksanaan pemungutan pendapatan daerah.
j.    Melaksanakan pengkajian, pengembangan dan pelaksanaan penyuluhan perpajakan
k.    Melakukan pemantauan dan pelaksanaan pemungutan pendapatan Daerah.
l.    Menyusun bahan penyuluhan dan melaksanakan kegiatan penyuluhan perpajakan.
m.    Melakukan dan pengembangan pendapatan Daerah.
n.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
o.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang program.
p.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
q.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
r.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
s.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas


1)    Seksi Penyusunan Program, mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas bidang program dalam menyusun rencana kegiatan dinas dan penerimaan pendapatan.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Penyusunan Program mempunyai fungsi:
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang penyusunan program.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang penyusunan program.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang penyusunan program.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang penyusunan program.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Penyusunan Program adalah sebagai berikut:
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan penyusunan program dan memantau pelaksanaannya.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.
e.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
f.    Menyusun rencana penerimaan, rencana program dan kegiatan dinas.
g.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
h.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang penyusunan program.
i.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
j.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
k.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
l.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

1)    Seksi Pemantauan, Pengembangan dan Penyuluhan, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang program meliputi pemantauan, melakukan penelitian, pengkajian, pengembangan potensi pajak daerah serta mengumpulkan bahan dalam menyusun draft rancangan Peraturan Daerah dibidang Pajak Daerah.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pemantauan, Pengembangan dan Penyuluhan mempunyai fungsi:
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang pemantauan, pengembangan
      dan penyuluhan program.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang pemantauan, pengembangan dan  
      penyuluhan.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang penyusunan program.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang  
      pemantauan, pengembangan dan penyuluhan.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan   
      fungsinya.
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2) uraian tugas Kepala Seksi Pemantauan, pengembangan dan penyuluhan adalah sebagai berikut:
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan pemantauan, penelitian, pengkajian pengembangan dan penyuluhan dan memantau pelaksanaannya.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.
e.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
f.    Menyusun rencana penerimaan, rencana program dan kegiatan dinas.
g.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
h.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang penyusunan program.
i.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
j.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
k.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
l.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

1)    Seksi Evaluasi dan Pelaporan, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang program meliputi evaluasi, menyusun laporan mengenai hasil  pemungutan pajak dan retribusi daerah serta sumber-sumber penerimaan daerah lainnya.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Evaluasi dan Pelaporan mempunyai fungsi:
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang evaluasi dan pelaporan.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang evaluasi dan pelaporan.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang evaluasi dan pelaporan.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang  evaluasi dan pelaporan.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan   
      fungsinya.
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Evaluasi dan Pelaporan adalah sebagai berikut:
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan evaluasi dan pelaporan dan memantau pelaksanaannya.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.
e.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
f.    Mengumpulkan dan mengelola data semua sumber pendapatan daerah.
g.    Menyusun laporan bulanan dan tahun (realisasi PAD, Laporan Kinerja, Lakip).
h.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
i.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang evaluasi dan pelaporan.
j.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
k.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
l.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
m.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

BIDANG PENDATAAN DAN PENETAPAN
1)    Bidang Pendataan dan Penetapan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian  tugas dinas  meliputi pendataan dan pengolahan data, melakukan penetapan dan pemeriksaan terhadap subjek dan objek pajak.  

2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pendataan dan Penetapan mempunyai fungsi :
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang pendataan dan penetapan.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang pendataan dan penetapan.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pendataan dan penetapan.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksaan tugas
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang pendataan dan penetapan
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Bidang Pendataan dan Penetapan adalah sebagai berikut :
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan pendataan dan penetapan.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada Seksi-seksi yang dibawahinya sesuai tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Dinas.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap para Kepala Seksi dan staf yang dibawahinya.
e.    Mengoreksi dan memerintahkan perbaikan konsep naskah dinas yang diajukan oleh para Kepala Seksi yang dibawahinya.
f.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
g.    Melaksanakan pendataan dan pendaftaran wajib pajak.
h.    Mengolah data dan informasi pajak daerah.
i.    Melaksanakan penatausahaan penetapan dan berkas wajib pajak.
j.    Melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap wajib pajak.
k.    Melakukan pemantauan dan pengendalian pelaksanaan pemungutan pajak daerah.
l.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
m.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang pendataan dan penetapan.
n.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
o.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
p.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
q.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.

1)    Seksi Pengolahan Data, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang pendataan dan penetapan meliputi mendata wajib pajak daerah, menetapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) serta melakukan pendaftaran, pemeriksaan kelengkapan berkas serta melakukan pengolahan data yang meliputi subjek dan objek pajak.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pengolahan Data mempunyai fungsi:
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang pengolahan data.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang pengolahan data.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pengolahan data.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang pengolahan data.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan   
      fungsinya.
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Pengolahan Data adalah sebagai berikut:
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan pengolahan data dan memantau pelaksanaannya.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.
e.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
f.    Mendistribusikan dan menerima kembali formulir pendaftaran yang telah diisi oleh wajib pajak.
g.    Memproses pengadaan SPTPD.
h.    Membuat laporan tentang formulir pendaftaran yang belum diterima kembali.
i.    Menghimpun, mengelola dan mencatat data objek pajak dan subjek pajak serta melakukan pemeriksaan ke lapangan/lokasi dan melaporkan hasilnya.
j.    Membuat dan memelihara dafta induk wajib pajak daerah serta memberikan kartu pengenal NPWPD.
k.    Memberikan surat teguran kepada wajib pajak yang belum menyampaikan SPTPD wajib pajak.
l.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
m.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang pengolahan data.
n.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
o.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
p.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
q.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

1)    Seksi Penetapan, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang pendataan dan penetapan meliputi menghitung dan mengusulkan penetapan pajak, menertibkan surat ketetapan pajak dan menyiapkan daftar penetapan pajak.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Penetapan mempunyai fungsi:
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang penetapan.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang penetapan.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang penetapan.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang penetapan.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan   
      fungsinya.
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Penetapan adalah sebagai berikut:
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan penetapan dan memantau pelaksanaannya.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.
e.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
f.    Melaksanakan perhitungan dan penetapan pajak baik secara Self Assesment maupun Official Assesment (SKPD, SKPDN, SKPDKB, SKPDT dan SKPDLB)
g.    Menerbitkan surat ketetapan pajak daerah dan menyediakan daftar keterangan pajak daerah
h.    Mendistribusikan dan menyimpan arsip SKPD dan daftar (rekap) SKPD.
i.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
j.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang penetapan.
k.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
l.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
m.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
n.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

1)    Seksi Pemeriksaan, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang pendataan dan penetapan meliputi pemeriksaan, penyidikan dan pengawasan pajak daerah.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pemeriksaan mempunyai fungsi:
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang pemeriksaan.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang pemeriksaan.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pemeriksaan.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang pemeriksaan.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan   
      fungsinya.
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Pemeriksaan adalah sebagai berikut:
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan pemeriksaan dan memantau pelaksanaannya.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.
e.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
f.    Melaksanakan pemeriksaan dan pengawasan terhadap wajib pajak.
g.    Membuat laporan pajak pemerintah petugas daerah.
h.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
i.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang pemeriksaan.
j.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
k.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
l.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
m.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

BIDANG PENAGIHAN DAN PEMBUKUAN
1)    Bidang Penagihan dan Pembukuan, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas dinas meliputi pembukuan, verifikasi, penagihan dan perhitungan serta melakukan pertimbangan dan keberatan pajak.

2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Penagihan dan Pembukuan mempunyai fungsi :
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang penagihan dan pembukuan.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang penagihan dan pembukuan.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang penagihan dan pembukuan.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksaan tugas
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang penagihan dan pembukuan.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Bidang Penagihan dan Pembukuan adalah sebagai berikut :
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan pendataan dan penetapan.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada Seksi-seksi yang dibawahinya sesuai tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Dinas.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap para Kepala Seksi dan staf yang dibawahinya.
e.    Mengoreksi dan memerintahkan perbaikan konsep naskah dinas yang diajukan oleh para Kepala Seksi yang dibawahinya.
f.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
g.    Melakukan pembukuan dan verifikasi mengenai penetapan penerimaan pajak.
h.    Melaksanakan pembukuan piutang pajak daerah.
i.    Melaksanakan penyelesaian restitusi dan pemindahbukuan serta rekonsiliasi pajak daerah.
j.    Melaksanakan penagihan pasif dan aktif terhadap pajak daerah.
k.    Melakukan pertimbangan keberatan pajak daerah.
l.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
m.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang penagihan dan pembukuan.
n.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
o.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
p.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
q.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.

1)    Seksi Penagihan dan Perhitungan, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang penagihan dan pembukuan dalam melakukan penagihan perhitungan pajak daerah.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Penagihan dan Perhitungan mempunyai fungsi:
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang penagihan dan perhitungan.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang penagihan dan perhitungan.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang penagihan dan perhitungan.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang penagihan dan perhitungan.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan   
      fungsinya.
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Penagihan dan Perhitungan adalah sebagai berikut:
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan penagihan dan perhitungan dan memantau pelaksanaannya.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.
e.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
f.    Melaksanakan penagihan-penagihan pajak daerah masa berjalan maupun yang telah melampaui batas waktu jatuh tempo secara aktif dan pasif.
g.    Melaksanakan perhitungan hasil penagihan dan pemeriksaan di lapangan terhadap wajib pajak yang kurang bayar.
h.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
i.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang penagihan dan perhitungan.
j.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
k.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
l.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
m.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

1)    Seksi Pertimbangan dan Keberatan, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang penagihan dan pembukuan dalam memberikan analisa pertimbangan pemberian saran untuk penyelesaian keberatan wajib pajak.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pertimbangan dan Keberatan mempunyai fungsi:
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang pertimbangan dan keberatan.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang pertimbangan dan keberatan.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pertimbangan dan keberatan.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang pertimbangan dan keberatan.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan   
      fungsinya.
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Pertimbangan dan Keberatan adalah sebagai berikut:
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan pertimbangan dan keberatan dan memantau pelaksanaannya.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.
e.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
f.    Menerima dan melayani surat keberatan dan surat permohonan banding atas materi penetapan pajak daerah.
g.    Melakukan analisa terhadap keberatan yang dilakukan wajib pajak.
h.    Melakukan pemeriksaan dan membuat laporan pemeriksaan.
i.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
j.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang pertimbangan dan keberatan.
k.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
l.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
m.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
n.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

1)    Seksi Pembukuan dan Verifikasi, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang penagihan dan pembukuan meliputi kegiatan pencatatan surat ketetapan pajak, pembukuan piutang dan penerimaan pendapatan daerah dan penetapan tambahan pajak daerah serta melaksanakan penyelesaian restitusi, pemindahbukuan dan rekomensiliasi pajak daerah.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pembukuan dan Verifikasi mempunyai fungsi:
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang pembukuan dan verifikasi.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang pembukuan dan verifikasi.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pembukuan dan verifikasi.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang pembukuan dan verifikasi.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan   
      fungsinya.
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Pembukuan dan Verifikasi adalah sebagai berikut:
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan pembukuan dan verifikasi dan memantau pelaksanaannya.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.
e.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
f.    Menyelenggarakan pembukuan mengenai penetapan, penerimaan dan pembayaran / penyetoran pajak daerah.
g.    Melaksanakan pembukuan piutang pajak daerah.
h.    Melaksanakan penyelesaian restitusi, pindah buku, rekonsiliasi pajak daerah.
i.    Melaksanakan pembukuan dan verifikasi mengenai realisasi penerimaan dan piutang pajak Daerah.
j.    Menerima dan mencatat semua SKPD serta surat-surat ketetapan pajak daerah yang belum dibayar lunas dan yang telah dibayar lunas.
k.    Membuat daftar piutang pajak Daerah.
l.    Menerima surat permohonan pengembalian kelebihan pembayaran pajak.
m.    Mencatat untuk dilakukan perhitungan kelebihan / kompensasi pembayaran pajak.
n.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
o.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang pembukuan dan verifikasi.
p.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
q.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
r.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
s.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

BIDANG BAGI HASIL DAN PENERIMAAN LAIN-LAIN
1)    Bidang Bagi Hasil dan Penerimaan Lain-lain, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian  tugas dinas  meliputi penatausahaan penerimaan bagi hasil pajak dan bagi hasil bukan pajak, penatausahaan retribusi dan penerimaan pendapatan lain-lain serta legeslisasi pembukuan surat-surat berharga.

2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Bagi Hasil dan Penerimaan Lain-lain mempunyai fungsi :
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang bagi hasil dan penerimaan lain-lain.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang bagi hasil dan penerimaan lain-lain.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang bagi hasil dan penerimaan lain-lain.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksaan tugas
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang bagi hasil dan penerimaan lain-lain.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Bidang Bagi Hasil dan Penerimaan Lain-lain adalah sebagai berikut :
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan bagi hasil dan penerimaan lain-lain.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada Seksi-seksi yang dibawahinya sesuai tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Dinas.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap para Kepala Seksi dan staf yang dibawahinya.
e.    Mengoreksi dan memerintahkan perbaikan konsep naskah dinas yang diajukan oleh para Kepala Seksi yang dibawahinya.
f.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
g.    Melaksanakan penatausahaan penerimaan bagi hasil Pajak Bumi dan Bangunan (PBP) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) serta memfasilitasi pemungutan PBB dan BPHTB.
h.    Melaksanakan penatausahaan penerimaan bagi hasil Pajak Penghasilan (PPh), bagi hasil bukan pajak (Sumber Daya Alam).
i.    Melaksanakan penatausahaan penerimaan bagi hasil Pajak Provinsi dan penerimaan sumber-sumber lain diluar pajak.
j.    Melaksanakan penatausahaan penerimaan retribusi daerah dan penerimaan lainnya dari BUMD/BUMN.
k.    Melaksanakan legalisasi/pengesahan atas surat ketetapan pajak serta melakukan pendistribusian dan pembukuan surat-surat berharga.
l.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
m.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang bagi hasil dan penerimaan lain-lain.
n.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
o.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
p.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
q.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.

1)    Seksi Bagi Hasil PBB dan BPHTB, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang bagi hasil dan penerimaan lain-lain meliputi penatausahaan penerimaan bagi hasil Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) serta memfasilitasi pemungutan PBB dan BPHTB.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Bagi Hasil PBB dan BPTHB mempunyai fungsi:
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang bagi hasil PBB dan BPHTB .
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang bagi hasil PBB dan BPHTB.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang bagi hasil PBB dan BPHTB.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang bagi hasil PBB dan BPHTB.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan   
      fungsinya.
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Bagi Hasil PBB dan BPHTB adalah sebagai berikut:
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan bagi hasil PBB dan BPHTB dan memantau pelaksanaannya.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.
e.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
f.    Melaksanakan penatausahaan penerimaan bagi hasil PBB dan BPHTB.
g.    Memfasilitasi pemungutan PBB dan BPHTB.
h.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
i.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang bagi hasil PBB dan BPHTB.
j.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
k.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
l.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
m.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

1)    Seksi Bagi Hasil PPh dan Penerimaan Lain-lain, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang bagi hasil dan penerimaan lain-lain meliputi penatausahaan penerimaan bagi hasil Pajak Penghasilan (PPh), bagi hasil bukan pajak, bagi hasil pajak Provinsi dan Penerimaan sumber-sumber lain.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Bagi Hasil PPh dan Penerimaan Lain-lain mempunyai fungsi:
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang bagi hasil pph dan penerimaan lain-lain.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang bagi hasil pph dan penerimaan lain-lain.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang bagi hasil pph dan penerimaan lain-lain.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang bagi hasil pph dan penerimaan lain-lain.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan   
      fungsinya.
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Bagi Hasil PPh dan Penerimaan Lain-lain adalah sebagai berikut:
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan bagi hasil pph dan penerimaan lain-lain dan memantau pelaksanaannya.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.
e.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
f.    Melaksanakan penatausahaan penerimaan bagi hasil PPh dan bagi hasil Bukan Pajak (SDA) serta bagi hasil Pajak Provinsi dan penerimaan lain-lain.
g.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
h.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang bagi hasil pph dan penerimaan lain-lain.
i.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
j.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
k.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
l.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

1)    Seksi Retribusi dan Legeslisasi mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang bagi hasil dan penerimaan lain-lain meliputi penatausahaan penerimaan retribusi daerah dan penatausahaan benda-benda berharga.
2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Retribusi dan Legeslisasi mempunyai fungsi:
a.    Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang retribusi dan legeslisasi.
b.    Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang retribusi dan legeslisasi.
c.    Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang retribusi dan legeslisasi.
d.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
e.    Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang retribusi dan legeslisasi.
f.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan   
      fungsinya.
3)    Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Retribusi dan Legeslisasi adalah sebagai berikut:
a.    Menyusun rencana program kerja dan kegiatan retribusi dan legeslisasi dan memantau pelaksanaannya.
b.    Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
c.    Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
d.    Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.
e.    Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
f.    Melaksanakan penatausahaan penerimaan retribusi daerah.
g.    Melaksanakan penatausahaan penerimaan benda-benda berharga
h.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
i.    Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang retribusi dan legeslisasi.
j.    Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
k.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
l.    Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
m.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

ym
Kontak

  Jalan Merdeka No. 21 Palembang

Email: kepala@dispenda.palembang.go.id tu@dispenda.palembang.go.id kontak@dispenda.palembang.go.id

ym
PERDA

1. Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)

2. Pajak Reklame

3. Pajak Restoran

4. Pajak Air Tanah

5. Pajak Sarang Burung Walet

6. Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan

7. Pajak Bumi dan Bangunan

8. Pajak Hotel

9. Pajak Hiburan

10. Pajak Parkir

11. Pajak Penerangan Jalan

Pajak yang dikelola Dispenda Kota Palembang

ym
Telepon Penting
Kebakaran113, 312011
Ambulans118
Polisi110
SAR355111
RSMH354088
ym
Jajak Pendapat
Bagaimana pendapat Anda tentang Pelayanan Publik yang telah diberikan oleh Pemerintah Palembang saat ini?
Sangat Baik
Baik
Lumayan
Kurang Baik
Tidak Tahu
 
ym
Kurs Mata Uang

Data Kurs tidak bisa diambil.

ym
FB KAMI
ym

Kop Dispenda

Pemerintah Kota Palembang   Bappenas   Departemen Komunikasi & Informatika RI   Departemen Dalam Negeri RI   Visit Indonesia 2009   Provinsi Sumatera Selatan  

© 2006 - 2009 Pemerintah Kota Palembang